05 febrero 2008

Blog Berbahasa Inggris Vs Bahasa Indonesia

Beberapa teman sesama pe-nge-blog banyak yang menyarankan blog indonesia disalin atau diganti berbahasa inggris aja, semua !
Sekali lagi latah-isme menyerang, penyakit latah ini memang rada akut sering menyerang bagian utama di otak yang berfungsi mengolah akal sehat, sehingga orang yang terserang latah-isme itu menjadi tumpul dan bahkan mungkin hilang akal sehatnya.

Okey, mari kita lihat kepentingannya, kebermanfaatannya, tujuannya...dan nya-nya lainnya.
Mungkin, kalo blognya tentang menerangkan sesuatu yang bersifat Endonesa yang unik, tidak ada di bangsa-bangsa lain di dunia, tepat di buat dalam bahasa inggris supaya ndoro londho itu bisa memahami, memaklumi, mengagumi trus nyuruh temen2nya kesini untuk liat juga.
Ato tentang Islam, semenjak tragedi 9/11 lalu menghadapi kampanye sistematis yang membuat citra Islam lekat dengan kejahatan, terorisme, ketidakadilan terhadap perempuan dan lain lain, maka menjadi tugas kita (aku dan kau) membantu ndoro londho itu untuk mengerti keadaan sebenarnya, sukur2 malah ndoro2 itu mao mengucapkan dua kalimah syahadat...

Lha, kalo isi blognya tentang ke-tidak-arifan lokal ditulis dalam bahasa inggris apa nanti pesannya bisa sampai, apa Pak Udin, Pak Zal, Pak Parmin dan yang lainnya itu nanti ngerti ?
Apa pentingnya orang Skandinavia ngerti soal kumis Pak Walikota Padang, ya ndak ?
Blog berita nasional maopun daerah masuk akal juga dibikin dalam bahasa inggris, kek blog-nya Uda Budi Putra (wartawan Tempo), ato blog berbagi ilmu tentang apa aja (sejauh ini kebanyakan yang berhubungan dengan komputer; grafis, network, internet, blom ada yang tentang pertanian, tata boga, pengolahan hasil perkebunan) masuk akal juga ditulis dalam bahasa inggris.

Jadi, nggak usah terburu-buru bermigrasi ke bahasa inggris kalo nanti hasilnya malah tidak membuat target pembaca blog anda ndak paham. Tapi kalo dibuat paralel; sekaligus disediakan dalam beberapa bahasa, indonesia, inggris, dan lain li-yan, malah lebih baik top markotop.

d^¿^þ

```Ashlee Simpson - Rule Breaker```

No hay comentarios: